Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Kamis, 04 Desember 2014

Siapa Ketua PPKI?


Mungkin anda pernah mengdengar sebuah pertanyaan seperti ini "siapa ketua PPKI?" itu merupakan sebuah pertanyaan yang umum kita dengar ketika membahas materi detik-ketik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dalam pelajaran Sejarah. Perlu diingat bahwa PPKI merupakan salah satu bagian penting dalam tercapainya kemerdekaan negara yang kita cintai ini, Indonesia. Dan ini adalah pembahasan singkat mengenai PPKI termasuk siapa ketua PPKI?, silahkan disimak informasi berikut ini baik-baik.

Mengenal PPKI
PPKI atau yang merupakan singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia adalah panitia yang bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Sebelumnya telah terbentuk badan yang bernama BPUPKI, karena alasan terlalu cepat ingin memproklamirkan kemerdekaan Indonesia maka badan tersebut akhirnya dibubarkan. PPKI dibentuk pada tanggal 7 Agustus 1945 dan diketuai oleh Ir Soekarno. Perlu diingat bahwa badan ini merupakan badan yang dibentuk sebelum terbentuknya MPR.

Siapa Ketua PPKI?
Ir. Soekarno

Profil Singkat PPKI
Ir. Soekarno merupakan tokoh paling dikenal Indonesia, beliau merupakan presiden pertama Republik Indonesia. Ir. Soekarno lahir di Surabaya (Jawa Timur) pada tanggal 6 Juni 1901 dan meninggal di Jakarta pada tanggal 21 Juni 1970 dalam usia ke 69 tahun. Beliau merupakan proklamator Republik Indonesia bersama dengan Drs. Mohammad Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945. Perlu kita ingat bahwa beliau adalah orang yang pertama kali mencetus konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia dan beliau sendiri yang menamainya.