Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Kamis, 04 Desember 2014

Dampak Positif Globalisasi Terhadap Sektor Ekonomi Indonesia



Globalisasi memberikan dampak yang begitu luar biasa dalam berbagai macam sektor, khusunya untuk sektor ekonomi. Sebagai sebuah negara yang berdaulat dan mandiri kita harus bisa memanfaatkan globalisasi untuk meningkatkan kekuatan sektor ekonomi negara ini agar dapat bersaing dipentas internasional. Dan dibawah ini adalah beberapa dampak positif globalisasi terhadap sektor ekonomi Indonesia:
  1. Globalisasi dapat meningkatkan perekonomian Indonesia sehingga memudahkan untuk menciptakan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia.
  2. Globalisasi dapat menciptakan industri-industri baru didalam  negeri sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.
  3. Globalisasi dapat membuat produktivitas dunia industri semakin meningkat sehingga diharakan bisa menghasilkan tingkat profitabilitas yang lebih tinggi.
  4. Globalisasi dapat membuka pasar internasional bagi produk-produk dalam negeri sehingga dapat menumbuh-kembangkan umkm-umkm dalam negeri.
  5. Globalisasi dapat meningkatkan kesempatan kerja dan devisa negera, hal ini sangat mengungtungkan negara karena bisa mengurangi pengangguran.
  6. Globalisasi dapat mendorong kita untuk meningkatkan kualitas produksi dalam negeri sehingga produk-produk dalam negeri bisa diterima pasar global.
  7. Globalisasi dapat meningkatkan produksi global baik dalam segi kualitas maupun kuantitas sehingga hal ini akan begitu menguntungkan bagi negara.
  8. Globalisasi dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara karena bisa mengatasi pengangguran dan meningkatkan devisa.
  9. Globalisasi dapat memperluas pasar internasional sehingga memungkinkan produksi dalam negeri meningkatkan jumlah produksinya.
  10. Globaliasi dapat menjadikan suatu negara memperoleh lebih banyak modal untuk diinvestasikan dan teknologi yang lebih baik.
  11. Globalisasi dapat menjadikan suatu negara mendapatkan dana tambahan untuk pembangunan negara tersebut guna terciptakan kesejahteraan rakyat.