Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Jumat, 23 Januari 2015

Kumpulan Pantun Lingkungan Paling Inspiratif


Gambar diatas merupakan salah satu gambar hutan yang masih terjaga kelestariannya, itu merupakan gambar salah satu hutan hujan tropis yang ada dinegara Burma (Myanmar), indah banget ya? Kita bisa lihat dari gambar hutan tersebut bahwa hutan tersebut masih asri dan rindang dengan tumbuh-tumbuhan yang lebat serta terdapat aliran air yang masih bersih dan bening. Tentu para pecinta lingkungan ingin banget pergi kesana (hutan tersebut), bener kan?

Namun sayangnya tidak semua hutan seperti itu, hutan yang seperti gambar diatas hanya sedikit saja jumlahnya. Dewasa ini kerusakan hutan semakin besar saja, itu yang membuat hutan tidak lagi seindah hutan beberapa tahun yang lalu. Banyak faktor yang membuat kerusakan hutan seperti penebangan hutan secara liar, kebakaran hutan, industrialisasi disekitar hutan, dan masih banyak lagi. Ini merupakan pekerjaan kita bersama untuk segera mengantisipasinya.

Hutan merupakan bagian dari lingkungan yang harus kita jaga bersama. Tentu ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk ikut serta dalam menjaga dan melestarikan lingkungan disekitar kita, seperti menanam pohon, membuang sampah pada tempatnya, bersepeda, menggunakan kertas seperlunya, dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga pantun lingkungan yang umumnya terdapat pada mading sekolah yang bertujuan untuk mempublikasikan gerakan cinta lingkungan. Dan dibawah ini adalah beberapa contoh pantun seputar lingkungan.
Melempar tentu dengan tangan
Tapi awas jangan sampai terkilir
Janganlah buang sampah sembarangan
Kalau tidak mau terjadi banjir
Siapa suka makan cumi
Jangan lupa untuk makan udang
Mari kita menjaga bumi
Untuk anak cucu mendatang
Kalau mau pergi ke kota
Kita harus punya rencana
Mari lestarikan lingkungan kita
Agar terbebas dari segala bencana
Nah itulah 3 contoh pantun lingkungan yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai contoh atau referensi dalam membuat pantun atau karya sastra lainnya yang bertemakan lingkungan. Tentu kita berharap agar kesadaran kita terhadap lingkungan semakin meningkat dengan selalu menjaga dan melestarikannya. Semoga tulisan yang singkat ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.

0 komentar: