Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Kamis, 15 November 2018

Inilah Contoh Perilaku Jujur Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Tulisan kami yang berikut ini dari kami akan mengenai beberapa contoh perilaku jujur dalam kehidupan bermasyarakat yang sudah sepatutnya kita teladani dalam kehidupan keseharian kita.

So, langsung saja kita simak tulisannya yang berikut ini:

Sumber Gambar dari Flickr

Sebelum kita membicarakan mengenai berbagai macam contoh perilaku jujur di dalam kehidupan bermasyarakat, ada baiknya kita membicarakan mengenai jujur itu sendiri secara ringkas, lets check this out

Jujur merupakan sebuah kata yang begitu mudah untuk kita ucapkan akan tetapi sulit rasanya untuk kita terapkan. Meskipun demikian kita harus bisa melawan hawa nafsu kita dan membiasakan hidup jujur di dalam hidup ini.

Jujur itu sendiri diartikan sebagai kesesuaian antara perkataan dan perbautan, artinya apa yang diperbuat sesuai dengan apa yang dikatakan, itulah benang merah dari sebuah kata yang bernama jujur.

Jujur ini merupakan salah satu dari sekian banyak contoh akhlak yang baik, lawannya jujur adalah dusta yang merupkakan sebuah akhlak yang buruk.

Dan di bawah ini adalah contoh perilaku jujur dalam kehidupan bermasyarakat:
  • Berkata dengan banar dan tidak pernah bohong.
  • Menyampaikan informasi sebenar-benanya dan tidak menyebarkan hoax.
  • Jika diberi amanah, maka tunaikanlah dengan sebaik-baiknya.
  • Bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan.
  • Senantiasa menepati janji yang telah disepakati.
Dan tentunya masih banyak lagi contoh-contoh lainnya dari perbuatan jujur di masyarakat. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca yang budiman.

Sumber : Binutama

0 komentar: