Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Senin, 27 April 2015

Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Pencemaran Lingkungan

Akhir-akhir ini berita mengenai pencemaran lingkungan begitu marak dimedia dan sedikit banyak menimbulkan keresahan kepada warga masyarakat. Bagaimana tidak, pencemaran lingkungan ini bisa berdampak kepada degradasi lingkungan yang akhirnya mengakibatkan efek negatif kepada manusia dan makhluk-makhluk lainnya dimuka bumi. Oleh sebab itu sedari dini kita harus mulai mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. Dan dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pencemaran lingkungan, mari disimak baik-baik:
  • Mengatur sistem pembuangan limbah industri atau pabrik dengan sebaik-baiknya agar tidak mencemari lingkungan yang ada disekitarnya.
  • Menempatkan pabrik atau industri jauh-jauh (tidak berdekatan) dengan pemukiman warga masyarakat atau penduduk sekitar.
  • Melakukan pengawasan terhadap setiap individu atau organisasi dalam hal penggunaan bahan kimia yang berpotensi mencemari lingkungan.
  • Melakukan kegiatan-kegiatan yang peduli dan cinta terhadap lingkungan seperti reboisasi, menanam pohon dipekarangan rumah, dll.
  • Melakukan aktivitas dengan tidak mencemari lingkungan seperti menggunakan sepeda ketika bepergian, berjalan kaki, dan lain sebagainya.
  • Memberikan sanksi atau hukuman yang tegas dan berat terhadap siapa saja yang terbukti melakukan pencemaran lingkungan.
  • Memberikan sosialisasi, publikasi dan penyuluhan terhadap masyarakat akan bahaya pencemaran lingkungan terhadap lingkungan sekitar.
Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi pencemaran lingkungan dan kita pun bisa melakukannya. Semoga tulisan ringkas ini bisa bermanfaat untuk kamu para pembaca tulisan ini, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Baca juga artikel mengenai lingkungan hidup

0 komentar: