Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Rabu, 21 Januari 2015

Mengenali Fungsi Hutan Bagi Kehidupan


Pastinya kita sudah tahu bahwa fungsi hutan begitu penting bagi kehidupan manusia dan mahluk lainnya yang ada dimuka bumi ini. Namun sayangnya kesadaran itu kurang dipahami, sebagai buktinya kita tahu bahwa luas hutan yang ada di bumi ini semakin  lama semakin berkurang. Untuk itu ada baiknya kita refresh kembali ingatan kita mengenai beberapa fungsi hutan bagi kehidupan:
  • Sebagai Paru-paru Dunia
Salah satu fungsi hutan adalah sebagai paru-paru dunia, dimana hutan dapat menyerap gas karbon dioksida yang membahayakan bagi manusia dan menghasilkan gas oksiden yang begitu segar yang dibutuhkan manusia.
  • Sebagai Sumber Ekonomi
Kekayaan hasil hutan yang ada didalam hutan seperti kayu, rotan, damar, dan lainnya bisa digunakan untuk diekspor yang hasinya dimasukan kedalam pendapatan negara yang bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat banyak.
  • Tempat Tinggal Flora dan Fauna
Fungsi hutan lainnya yang sudah banyak kita ketahui adalah sebagai tempat tinggalnya hewan dan tumbuhan, kalau hutan kita rusak maka mereka mau tinggal dimana? Jadi jangan pernah merusak hutan kita ya?
  • Tempat Menyimpan Air
Hutan memiliki banyak sekali pohon-pohon didalamnya, tiap pohon memiliki akar-akar yang besar, dan akar-akar tersebut bisa digunakan sebagai tempat menyimpanan air dalam jumlah yang sangat besar, hebat bukan?
  • Mencegah Bencana Alam
Bencana alam seperti banjir dan tanah longsr seringkali terjadi karena terjadinya penggundulan hutan. Fungsi hutan yang perlu kamu tahu adalah bisa menyimpan air hujan sehingga meminimalisir banjir dan tanah longsor.
  • Menyuburkan Tanah
Hutan memiliki banyak sekali pepohonan yang tentunya memiliki daun-daun, daun-daun yang jatuh ketanah akan menjadi humus yang begitu subur. Oleh sebab itu tanah yang ada dihutan begitu subuh dengan pepohonannya yang lebat.
  • Mengurangi Polusi dan Pencemaran Udara
Fungsi hutan lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah hutan bisa mengurangi jumlah polusi dan pencemaran udara, hal ini dikarenakan pohon-pohon yang ada dihutan menyerap karbon dioksida yang begitu kotor.

Nah itulah beberapa point penting tentang manfaat hutan bagi kehidupan manusia dan mahluk lainnya yang ada dimuka bumi ini. Dengan tulisan yang begitu singkat ini kita semakin tahu bahwa fungsi atau peran hutan sangatla penting bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu, kita harus menjaga dan melestarikan hutan kita agar senantiasa hijau. Semoga tulisan ringkas ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.

0 komentar: