Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Rabu, 21 Januari 2015

Mengenali Berbagai Macam Penyebab Terjadinya Kerusakan Hutan


Sungguh berita yang tidak menggembirakan bahwasannya kerusakan hutan setiap tahunnya semakin besar, dan itu tidak hanya terjadi di Indonesia saja melainkan juga diberbagai macam negara didunia ini. Ini merupakan suatu musibah karena hutan begitu penting peranannya didalam kehidupan manusia sehari-hari. Dan inilah pembahasan singkat mengenai beberapa penyebab kerusakan hutan tersebut:
  • Kebakaran Hutan
Kebakaran hutan merupakan salah satu faktor utama terjadinya kerusakan hutan, bisa terjadi karena ulah manusia atau bisa juga karena alam. Dan kita harus bisa memenimalisir kerusakan hutan yang bisa disebabkan oleh ulah tangan manusia.
  • Letusan Gunung Berapi
Faktor alam lainnya yang bisa menyebabkan kerusakan hutan adalah letusan gunung berapi, sulit sekali untuk mengatasi secara total permasalahan ini namun kita bisa meminimalisirnya dengan berbagai macam rekayasa oleh manusia.
  • Penebangan Hutan Secara Liar
Penebangan hutan secara liar atau yang disebut degan illegal logging merupakan salah satu faktor utama penyabab kerusakan hutan. Sudah seharusnya kita mengawasi hal tersebut, dan tentunya hukuman harus ditegakkan bagi si pelaku.
  • Pembukaan Lahan
Pembukaan lahan juga banyak yang menyebabkan kerusakan hutan, pembukaan lahan ini dikarenakan banyak alasan, beberapa diantaranya adalah untuk membuat pemukiman, untuk industri, untuk lahan pertanian, dan lain sebagainya.
  • Hukum Yang Tidak Tegas
Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan hutan yang berkepanjangan juga adalah hukum yang tidak tegas. Kalau saja hukum bisa tegas dan adil, maka mungkin saja pelaku illegal logging akan berkurang bakan tidak ada.

Nah itulah beberapa faktor yang membuat hutan kita semakin lama semakin rusak. Ketahuilah bahwa membangun itu lebih sulit daripada merusak, artinya membuat hutan yang rindang dan indah itu membutuhkan waktu yang lama dibandingkan dengan merusaknya. Semoga tulisan yang singkat ini bisa memberikan manfaat kepada kamu seputar kerusakan hutan dan menyadarkan kita semua akan pentingnya menjaga dan melestarikan hutan agar tetap "hidup" hingga masa depan.

0 komentar: