Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Selasa, 02 Desember 2014

Tanggal Berapa BPUPKI Dibentuk?


Untuk anda yang pernah mempelajari sejarah Indonesia tentu tidak asing lagi dengan nama BPUPKI, dan tidak jarang ada yang menanyakan tentang tanggal berapa BPUPKI dibentuk dan pertanyaan-pertanyaan sejenis seputar BPUPKI. Dan dibawah ini adalah pembahasan singkat mengenai BPUPKI dan pembentukkannya:

Tanggal Berapa BPUPKI Dibentuk?
BPUPKI yang merupakan singkatan dari Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia dibentuk pada tanggal 1 Maret 1945 oleh Panglima Tentara Ke-16 yang bernama Jenderal Kumakichi Harada, badan ini dikenal dengan sebutan Dokuritsu Junbi Cosakai. Tujuan dibentuknya BPUPKI adalah untuk menyelidiki, mempelajari dan memahami hal-hal penting yang dibutuhkan dalam usaha pembentukan negera Indonesia yang merdeka dari segala sisi seperti politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan yang lainnya.

Pada tanggal 29 April 1945 dilakukan pengangkatan anggota BPUPKI yang berjumlah 67 orang dengan ketua BPUPKI dr. Rajiman Wedyodiningrat dan wakil ketua R.P. Suroso dan Ichibangase (Jepang). Upacara peresmian BPUPKI dilaksanakan pada 28 Mei 1945 sedangkan sidang BPUPKI dilakukan 2 kali yaitu sidang BPUPKI pertama pada tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945 dan sidang BPUPKI kedua pada tanggal 10 - 17 Juli 1945.