Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Sabtu, 27 Desember 2014

Pengertian, Penyebab, Serta Dampak Global Warming

Salah satu isu yang paling banyak diperbincangkan pada abad ini adalah global warming atau yang sering kita sebut sebagai pemanasan global. Isu ini banyak diperbincangkan oleh berbagai macam kalangan, mulai dari atas hingga bawah. Salah satu yang membuatnya menjadi tranding topic adalah karena dampaknya yang begitu merugikan. Dan inilah pembahasan singkat mengenai global warming termasuk pengertian, penyebab, serta dampak dari global warming tersebut.


Pengertian Global Warming

Sebenarnya ada banyak ahli, pakar dan organisasi yang terkait dalam permasalahan ini memberikan pengertian global warming. Namun secara garis besar global warming didefinisikan sebagai proses meningkatnya suhu rata-rata dipermukaan bumi baik di daratan maupun di lautaan. Perlu diketahui bahwa sejak awal abad ke-20 suhu rata-rata bumi telah naik hingga hampir satu derajat celcius dan 2/3 kenaikan tersebut terjadi setelah tahun 1980-an. Hal tersebut menunjukan bahwa tingkat kenaikan suhu dimuka bumi semakin lama semakin cepat.

Penyebab Global Warming

Segala sesuatu yang terjadi tentu ada penyebabnya, begitu juga dengan global warming. Terjadinya fenomena global warming ini dikarenakan berbagai macam penyebab. Dan inilah beberapa penyebab terjadinya peristiwa global warming:
  • Emisi gas karbon monoksida dari asap pabrik atau industri.
  • Emisi gas karbon monoksida dari asap kendaraan bermotor.
  • Kebakaran hutan yang menghasilkan emisi karbon monoksida.
  • Emisi gas metana dari bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan.
  • Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dalam bidang pertanian.
Dampak Global Warming

Salah satu hal yang banyak diperbincangkan dalam fenomena global warming adalah dampaknya yang sangat merugikan bagi makhluk hidup. Dan dibawah ini adalah beberapa dampak dari peristiwa global warming yang terjadi saat ini.
  • Suhu dipermukaan bumi semakin lama semakin tak menentu, pada siang hari sangat panas dan pada malah hari begitu dingin.
  • Meningkatnya permukaan air laut diseluruh dunia sehingga hal ini akan memungkinkan tenggelammnya pulau-pulau kecil.
  • Terjadinya kekeringan dan gagal panen dimuka bumi sehingga hal bisa menyebabkan terjadinya kelaparan dan gizi buruk.
  • Meningkatnya intensitas terjadinya angin topan yang akan merusak sesuatu yang ada dibumi seperti bangunan, fasilitas, sarana prasarana, dll.
  • Memungkinkan terjadinya kepunahan untuk beberapa jenis makhluk hidup, termasuk terumbu karang yang akan hilang.
Nah itulah beberapa informasi penting mengenai global warming termasuk pengertian, penyebab, serta dampak global warming. Semoga dengan informasi tersebut kita semakin sadar begitu buruknya dampak global warming yang akan terjadi terhadap bumi kita. Untuk itu, kita harus bisa mengantisipasi hal itu terjadi dengan menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Dan semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat yang besar untuk kamu-kamu semua.

Source
http://ipemanasanglobal.blogspot.com/2014/05/pengertian-global-warming.html
http://ipemanasanglobal.blogspot.com/2014/08/penyebab-global-warming.html
http://ipemanasanglobal.blogspot.com/2014/05/Dampak-Global-Warming.html

0 komentar: