Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Jumat, 19 Desember 2014

Mengenal Karakteristik Masyarakat Madani


Masyarakat madani merupakan masyarakat yang diidam-idamkan oleh setiap negara yang berdaulat. Masyarakat madani diartikan sebagai masyarakat dalam suatu wilayah yang beradan (berakhlak mulia), menjunjung tinggi norma-norma, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Tentu masyarakat madani memiliki karakteristik tersendiri, dan ini beberapa karakteristik masyarakat madani:
  1. Terjadinya kontak sosial didalam masyarakat, kaya, miskin, tua, muda, besar, kecil, pejabat, rakyat, senantiasa berdampingan dalam kontak sosial dan aliansi sosial. Singkatnya tidak ada kesenjangan sosial dimasyarakat.
  2. Kekuasan tidak didominasi oleh segelintir orang atau sekelompok orang, kekuasaan diberikan kepada orang-orang yang ahlinya. Hal ini dilakukan agar masyarakat pro aktif mengontrol kinerja penguasa negara tersebut.
  3. Negera memiliki program-program berjangka baik jangka pendek, menengah, atau panjang yang pro terhadap masyarakat. Tujuannya tidak lain adalah untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat dalam negara itu.
  4. Adanya ruang bebas berekspresi sehingga masyarakat bisa memberikan masukan, kritik, saran, komentar dan lain sebagainya kepada Pemerintahan. Dan ini harus ditanggapi positif oleh Pemerintahan sebagai feedback.
  5. Terciptanya masyarakat yang saling toleransi, tolong menolong, menghargai dan menghormati. Sehingga dalam masyarakat tersebut tidak terjadi atau jarang terjadi perselisihan yang membuat masyarakat aman dan tentram.
  6. Masyarakat yang terbentuk adalah masyarakat yang berakhlak mulia dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Ini akan membuat stabilitas dalam masyarakat tersebut senantiasa terjaga baik.
  7. Masyarakat tersebut memiliki peradaban yang tinggi, dengan kata lain masyarakat tersebut memiliki kecintaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengaplikasikannya didalam kehidupan bermasyarakat.
Nah itulah beberapa karakteristik masyarakat madani yang begitu sangat diharapkan negara-negara didunia ini. Sebenarnya ada banyak sekali karakteristik negara madani, dan tujuan poin yang disebutkan diatas adalah hal yang paling mencolok. Semoga artikel diatas bisa memberikan manfaat untuk kamu semua.

0 komentar: