Menginformasikan berbagai macam hal yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda sekalian

Senin, 29 Desember 2014

Bagaimana Cara Mengatasi Global Warming?


Pertanyaan yang sering terdengar ketika kita membicarakan permasalahan global warming adalah "bagaimana cara mengatasi global warming?". Sebenarnya ada banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi global warming, tetapu untuk kita ada berbagai macam cara sederhana tetapi cukup efektif untuk turut serta menanggulangi global warming yang terjadi dewasa ini. Dan dibawah ini dijelaskan secara singkat cara mengatasi global warming, silahkan disimak baik-baik.

1. Menggunakan Transportasi Publik

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk ikut serta dalam mengurangi laju global warming adalah dengan menggunakan kendaraan publik. Memang benar, menggunakan kendaraan umum pun sama mengeluarkan gas emisi juga tetapi jumlahnya jauh lebih sedikit daripada menggunakan banyak kendaraan pribadi.

2. Menggunakan Sepeda

Salah satu gaya hidup yang banyak dijumpai dewasa ini adalah bersepeda, banyak orang yang menggunakan sepeda sebagai kendaraan baik itu untuk ke sekolah, kantor, dan lainnya. Ini merupakan gaya hidup yang bagus, selain dapat menyehatkan tubuh bersepeda juga dapat menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

3. Menggunakan Listrik Secara Wajar

Pada dasarnya listrik tidak berpengaruh langsung kepada global warming, tetapi sebagian besar bahan bakar dari energi listrik yang dihasilkan di Indonesia ini adalah minyak bumi dan batubara yang notabene pembakarnnya mengeluarkan gas emisi yang merusak lingkungan. Jadi, kita harus bisa menghemat energi listrik.

4. Menggunakan Kertas Secara Wajar

Menggunakan kertas untuk berbagai keperluan tentulah boleh, akan tetapi baiknya kita menggunakan kertas secara wajar dengan artian tidak menghambur-hamburkan atau berlebihan. Kertas ini dihasilkan dari kayu-kayu dihutan yang notabene digunakan untuk menyerap karbon monoksida penyebab global warming.

5. Menanam Pohon

Saat ini gerakan menanam pohon sedang ramai digalakan, yang melakukannya dari berbagai kalangan, mulai dari rakyat biasa hingga Presiden RI. Menanam pohon merupakan cara sederhana tetapi efektif untuk mengurangi jumlah emisi gas seperti karbon monoksida yang menjadi sebab utama dari pemanasan global.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk turut serta dalam upaya mengurangi laju global warming yang terjadi dewasa ini. Cara-cara yang disebutkan diatas terbilang sederhana dan kita pasti bisa melakukannya asalkan ada kemauan. Semoga kita semakin mencintai bumi yang kita tinggali saat ini.

0 komentar: